simpleKATRO Driver Karakter SUB-LOW

Driver Amplifier dengan karakter output audio nada teramat rendah,yang kali ini guruKATRO share diberi nama simpleKATRO SUB-LOW. Karena Tujuan perakitannya adalah agar bisa menghasilkan nada rendah yang maksimal dengan tetap mengusahakan agar bisa tetap lari jauh, walau tetap saja tidak akan terlalu jauh juga.

Pada umumnya ..... bila kita terlalu mengejar nada rendah dengan menepis semua nada menengah dan tinggi, maka resiko yang di dapat biasanya .... penuh sesak ditempat ... benda benda di sekitar ikut bergetar semua ... bahkan isi dada dan perut kita juga sangat terasa ikut bergetar, namun dalam radius sedikit jauh saja .... akan tidak terasa efeknya.


Selama ini guruKATRO, dengan dukungan perangkat yang sangat pas-pasan, selalu berusaha dan ber eksperimen demi bisa menemukan komposisi driver yang cukup bisa menghasilkan SUB-LOW, sekaligus bisa lari sedikit agak jauh dari driver driver pada umumnya.

Yang sangat perlu diingat oleh para pembaca setia adalah bahwa guruKATRO bukan seorang perancang LAYOUT PCB, bukan penjual PCB dan sudah jelas bukan penjual KIT jadi. guruKATRO hanya berusaha share tentang pengalaman yang selama ini guruKATRO lakukan (eksperimen demi eksperimen) saja.

Pembaca setia lama ... pada blog gurukatro.com pasti sudah hapal bahwa karakteristik guruKATRO dalam urusan rangkaian elektro, selalu membuka seluas-luasnya, bagi pembaca (elektro-hobbier) untuk melakukan modifikasi sendiri demi menemukan kualitas ataupun karakter sesuai selera masing masing.

Kalaupun guruKATRO membagikan layout PCB ... itu pasti hanya dijadikan sarana referensi saja. tidak mutlak harus sama persis dengan yang guruKATRO bagikan.

untuk skema simpleKATRO karakter SUB-LOW yang sudah guruKATRO eksperimenkan seperti ini

Bagi yang menggunakan supply 32VAC atau di bawahnya :

A1941 bisa diganti dengan TIP42 atau 2955

C4793 bisa diganti dengan TIP41 atau 3055

A1837 bisa diganti dengan TIP32 atau B507

C4793 bisa diganti dengan TIP31 atau D313

MJE340 yang ditengah bisa diganti dengan BD139

MJE350 yang ditengah bisa diganti dengan BD140

MJE340 yang di ujung bisa diganti dengan BD139 atau C945 atau C1815

MJE350 yang di ujung bisa diganti dengan BD140 atau A733 atau A1015


Bagi yang masih suka dengan PCB sundel BOLONG, silakan amati pola jalur di bawah ini :

dan pola pemasangan komponennya seperti ini :


seperti yang dulu, jarak cukup renggang,anda bisa memodifikasi hingga menemukan lembar tersempit PCB bolong bolong tersebut, karena pada praktek nyata sesungguhnya guruKATRO juga merangkai dengan PCB yang cukup sempit .... hingga sering merasa kesultanan bila harus mengganti komponen.

Resistor FeedBack (RF) menggunakan ukuran 22K, itu sudah sesuai dengan LPF yang tersedia disini (LPF amatiran), speaker satu satunya hanya berukuran 15" keluarga woofer merk BMA dengan harga termurah.

bila terasa over .... anda boleh memperkecil nilai RF tersebut, atau sebaliknya bila masih terasa kurang rendah nada bassnya, anda boleh memperbesar ukuran RF tersebut.

Resistor Inverting (RI) menggunakan ukuran 1K .... bila volume terasa kurang .... anda boleh mengecilkan ukuran ini, tapi dengan resiko akan sedikit terbuka output nada menengahnya
atau bila terasa sudah cukup keras dan masih ingin mengurangi frequensi menengah .... silakan perbesar ukuran RI ... dengan resiko volume akan semakin mengecil.


Capasitor Inverting (CI) menggunakan ukuran 100uF, sudah guruKATRO coba dengan 220uF ... eh trafo abal abal milik guruKATRO terasa tekor setrum bila sub-low di besarkan ....
bila perangkat pendukung driver ini memungkinkan .... anda boleh mengganti dengan ukuran yang lebih besar.

Capasitor input juga guruKATRO akhirnya pilih ukuran 474 (470 nano), bila anda merasa kurang glerrrrrrrrr. coba ganti dengan elko 1uF


Capasitor peredam nada menengah dan nada tinggi, menggunakan ukuran 223 (22 nano Farad) dipasang dari input audio menuju GND, semakin besar ukuranya akan semakin membuang nada selain nada rendah, anda juga boleh memperbesar ukuran capasitor ini, sesuai selera anda.


Resistor umpan basis transistor input guruKATRO gunakan ukuran 47K, bila mudah over bass ataupun mudah nge drop ... silakan kecilkan dengan 39K atau 33K atau 27K

sebaliknya bila memungkinkan .... anda boleh memperbesar dengan ukuran 56K atau 68K

Bagi yang level selera nya berada diatas kami, monggo copy layout di bawah ini :


cetak dengan ukuran antara 6cm x 6cm (R 2 Watt berdiri) atau  9cm x 9cm, (R 2 Watt baring)  .... dan proses selanjutnya anda jalan sendiri ya .....

guruKATRO hanya sebatas memberi referensi tata letak komponen sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini :


karena guruKATRO sangat tahu bahwa sesungguhnya anda jauh lebih pintar ... hanya saja guruKATRO suka menulis dan anda suka membaca ....

selamat ber eksperimen .... semoga sukses akan selalu melekat di nasib anda

Update
untuk bisa benar2 mendapat sub-low, skema seperti diatas itu masih memerlukan LPF khusus, apa bila ingin menyederhanakan LPF bisa dengan cara paralel Resistor FeedBack 22K 

R feedback itu di paralel dengan seri R5K6- C103

dan C224 input diganti dg elko 1uF
terakhir buang C223 dan pasang komponen berikut pada input amplifier ini




Demikian pembahasan tentang simpleKATRO Driver Karakter SUB-LOW yang bisa eleKATRO sampaikan, semoga ada manfaatnya, mohon maaf bila masih banyak kekurangan, bila ada yang masih perlu ditanyakan, silakan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia, saran dan kritik membangun selalu kami nantikan demi kemajuan bersama kita bersama, terima kasih.

Komentar

  1. TerimakasihπŸ™πŸ™πŸ™ Semoga berkah Pak @GuruKatro

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama ... amiin
      selamat ber eksperimen
      silakan mainkan nilai RF - RI dan CI
      dan semoga bisa menemukan komposisi yang memuaskan

      Hapus
  2. Selamt malem pak,bagaiman dengan bias transistornya apakah sudah rill,sualnya takut spul spiker terbakar lagi,saya lagi belajr untuk ngakit power,makasi lo dah rill,entar saya kopi pisibinya langsung dicetak

    BalasHapus
  3. Pak Untuk titik (B+ & B-) terhubung ke apa ya?
    Maaf masih dalam tahab belajar, terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
  4. Bisakah menggunakan trafo 5a

    BalasHapus
  5. Guru πŸ™ saya coba rakit klo input tidak respon kesalahan di mana y πŸ™ masih paud 😁😁😁

    BalasHapus
  6. pakde, driver iki kuat di suplay 65 vac nopo mboten?

    BalasHapus
  7. Mohon pencerahan pak, kalau semua transistornya selain mje 340 dan mje 350 diganti dgn B817 dan D1047 bisa pak?

    BalasHapus

Posting Komentar