simpleKATRO Driver Karakter LOW

Driver Amplifier yang guruKATRO posting pada kesempatan kali ini dirancang untuk bisa menghasilkan karakter LOW, setelah disandingkan disebelahnya se onggok bubur abang putih, kemudian diberi nama panggilan simpleKATRO Driver Karakter LOW, dan akan matching dengan speaker dengan ukuran minimal 15 inch, tapi sebaiknya menggunakan speaker berukuran 18 inch.

Walau pada kasus tertentu bisa saja digunakan untuk speaker berukuran 12 inch ..... 
heheheh .... mbingungi (membuat bingung) ... 
penjelasannya ????

Tapi yang jelas wajib menggunakan tipe Woofer 

Sekali kali kadang otak kita perlu dilatih untuk bingung ... agar nantinya memiliki kekritisan yang aduhai ... misalnya tidak langsung menyalah orang lain ... tapi lebih mengutamakan koreksi diri dulu, dimana sih letak kekeliruan saya, sehingga menjadikan rangkaian yang sudah pusing pusing dibuat ... ternyata gatot alias gak bunyi atau bunyi tapi cacat atau selain menghasilkan suara kok ya menghasilkan panas juga.

Karena soal "Positif tak ada masalah rangkaian/skema",  guruKATRO berani jamin 100% jos, la wong ini skema dasarnya simpleKATRO V1... yang sudah mendapat aplus dari sekian banyak rekan. Disini hanya mengubah sedikit nilai R dan C saja demi menghasilkan karakter tertentu.

kalau soal hasil karakter LOW dirasa belum memadai, lanjut saja baca, nanti akan dituntun cara cara mengubah R atau C agar bisa memperoleh hasil yang sesuai keinginan anda.

Skema masih tampilan sebelumnya ....hanya ada sedikit penggantian komponen R-C saja, gak percaya???
silakan amati sendiri :


Kapasitor basis-kolektor transistor A1837 - C4793 menggunakan ukuran 221 (220pF), ini bertujuan untuk lebih bisa menepis nada tinggi. Tidak mutlak ... anda bisa menggunakan 101 atau 151 atau 181 atau 271, amati sendiri mana yang paling cocok pada seperangkat peralatan pendukung lain yang akan anda aplikasikan dengan driver ini.

Resistor FeedBack menggunakan ukuran 15K,  anda masih diberi kesempatan untuk mencoba menggunakan 12K atau 18K atau 22K

Resistor Inverting menggunakan ukuran 470, anda juga bisa melaksanakan eksperimen dengan nilai nilai lain yang sedikit dai atasnya atau sedikit di bawahnya ... 

Elco Inverting guruKATRO coba menggunakan ukuran 100uF, disini anda juga masih diberi kesempatan untuk mencoba sendiri dengan ukuran ukuran yang lain

Resistor supply emitor transistor input menggunakan ukuran 22K, ini bertujuan agar bisa lebih plong dalam menghasilkan nada rendah, bila dirasa masih kurang rendah ... tinggal tinggikan saja nilainya, misal dengan ukuran 27K atau 33K atau 47K

Bagi yang masih suka dengan sundel bolong, pola jalur juga masih saja dengan karakter karakter sebelumnya :


Tata letak komponen juga bisa dilihat dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya


oh iya ... umpan basis transistor input yang berasal dari GND menggunakan ukuran 39K,  coba geser sedikit kebawah atau keatas nya ... misal menggunakan ukuran 27K atau 33K atau 47K, barangkali diantara pilihan itu ada yang cocok dengan selera telinga anda.

C input menggunakan 224 alias 220 nano, bila bass over kembalikan ke 104 (seratus nano), atau bila dirasa masih kurang GLEEERRR ... gunakan 474 atau sekalian gunakan elko 1uF.

input di jumper dengan capasitor 472 dengan tujuan menghadang nada tinggi dan menengah agar tidak bisa masuk ke rangkaian driver simpleKATRO karakter LOW ini.


Bagi yang ingin cetak biru PCB layout , silakan unduh gambar dibawah ini :
cetak dengan ukuran antara 6cm x 6cm (R 2 Watt berdiri) atau  9cm x 9cm, (R 2 Watt baring) , .... dan selamat menunaikan tugas untuk menyelesaikan proses pembuatan PCB.


Tata letak Komponen disajikan di bawah ini, barangkali bisa dijadikan acuan pada saat memasang komponen.

Selamat ber eksperimen ria, semoga  sukses selalu menyertai anda ....



Demikian pembahasan tentang simpleKATRO Driver Karakter LOW yang bisa eleKATRO sampaikan, semoga ada manfaatnya, mohon maaf bila masih banyak kekurangan, bila ada yang masih perlu ditanyakan, silakan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia, saran dan kritik membangun selalu kami nantikan demi kemajuan bersama kita bersama, terima kasih.

Komentar

  1. Master sy jd bingung mo rakiit yg mn semua bagus bagus, mn yg cocok untuk travo 5a cemen tlng lah d rekomendasikan, tetmakasi slm satu hobi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau 5A kecil
      coba pakai yang ini, dengan 18V atau 24V bisa
      https://www.gurukatro.com/2019/01/thunder-katro-v1-amplifier-skema-dan.html

      Hapus
  2. kalau ingin buat power stereo tambah 1 power lagi khusus untuk bass gimana caranya guru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat dua buah simpleKATRO HIGH, satu untuk L satu lagi untuk R
      masing masing out ke speaker full range

      lalu buat simpleKATRO LOW, input ambil dari simpleKATRO HIGH L dan R dengan masing masing (L dan R) disaring dg R 22K (dua buah berarti R nya)

      out amp LOW ke speaker sub woofer

      Hapus

Posting Komentar