simsixKATRO Mini Amplifier 60 watt

simsix kependekan dari istilah simple-sixty, maksudnya adalah sebuah rakitan amplifier simple yang di rekayasa agar bisa mengeluarkan daya output 60 watt. Skema sama saja dengan simpleKATRO yang pernah di posting oleh guruKATRO.

Untuk simsixKATRO ini ada beberapa penyesuaian komponen agar bisa stabil dengan supply kecil, dan juga speaker kecil.

Tapi jangan khawatir dengan sebutan kecil itu, karena ternyata biarpun bentuk, ukuran dan komponenya kecil kecil, jangan dikira kualitas outputnya akan mengecewakan, silakan coba saja dengan speaker 8 atau 10 inch ... pasti yang merakit akan cukup terheran heran dengan output yang dihasilkan rangkaian amplifier simsixKATRO ini. Seperti tak sebanding antara ujud dengan tenaganya . heheheheh

Akh .. terlalu panjang lebar si KATRO ini bikin muqaddimah ... sebaiknya langsung saja mari kita mulai dari skema yang berhasil guruKATRO rekayasa agar bisa dilihat, heheheh



Wadidouew ... itu gambarnya kok kecil begete .. gak iso diamati hayyyooo ... iya lah itu hanya gambar pertama yang sengaja di upload untuk tampilan image di homepage blog, tujuannya agar kebaca Fast loading saja ini blog oleh embah gugel.

1. Skema olahan guruKATRO :



2. PCB ala guruKATRO, terbuat dari PCB Sundel Bolong, tapi ini merupakan dual use project, bisa berguna bagi pemula dan sekaligus bisa dijadikan acuan untuk pembaca yang ingin membuat sendiri layout PCB (mohon maaf hingga detik ini guruKATRO masih belum semangat untuk menciptakan Black-White = layout rangkaian apapun yang guruKATRO posting




3. Transistor Final dan Resistor pendukungnya

cukup menggunakan TIP31vs TIP32 atau D313 vs B507 atau gunakan C1061 vs A671 atau gunakan pasangan yang lainnya yang penting yang data ouputnya sama atau tidak terlalu jauh dengan 60 watt



R Emitor Transistor Final [ yang menuju saluran speaker ] juga tidak mutlak harus 1Ω, Toleransi yang pernah guruKATRO baca dalam referensi apa yang sudah guruKATRO lupa, adalah rentang antara 0,1Ω hingga 2Ω, gak tahu itu benar atau tidak, silakan telaah sendiri sendiri heheheh

Kalau watt nya sih bila melihat untuk Transistor Final sekecil itu, bisa menggunakan resistor 1 watt sesungguhnya, tapi kayak gak tega, jadi guruKATRO pilih 2 watt saja biar lebih aman, atau bila anda memilih menggunakan 3 watt atau 5 watt, tidak usah takut, karena itu malah menambah tingkat keamanan, yang penting ukuran Ω nya jangn terlalu besar, tar bunyi di speakernya bisa jadi lemah.

kalau Resistor Basis Transistor Final atau bisa juga dikatakan sebagai Resistor Emitor Transistor Driver kebanyakan yang guruKTRO menggunakan ukuran 330Ω, ada yang menggunakan 1/5 (0,5) watt, tapi sebaiknya minimal satu watt saja, percayalah, itu akan jauh lebih awet.


4. Transistor Driver menggunakan sejoli BD139 vs BD140, dengan posisi masi sejajar dengen Transistor Final, Final NPN di driving oleh driver NPN dan sebaliknya Final PNP di driving oleh driver PNP dan sebaliknya.

Resistor Emitor Transistor Driver sudah terlanjur dibahas pada nomor 3. jadi disini gak usah di ulas yooo.



Kolektor masih diberi tegangan primer, jatahnya masih sama dengan jatah untuk transistor Final.

Sedangkan basisnya di bias dengan triple seri dioda, dalam hal ini cukup menggunakan dioda tipe IN4148 (dioda kaca), tapi bila menggunakan dioda silikon semisal IN4001 atau IN4002 juga gak papa kayaknya. walau dibilang lebih aman juga meragukan, karena menggunakan IN4148 juga sudah sangat aman.


5. Transistor Bias, kalau pada OCL, safari dll, kebanyakan pada tingkat ini sudah mulai menggunakan satu transistor, tapi namanya si simple tetap menggunakan sejoli PNP vs NPN, dalam hal ini guruKATRO masih menggunakan pasangan BD130 vs BD140, dengan posisi berlawanan dengan transistor diatasnya, out dari NPN masuk ke input PNP, dan sebaliknya out dari PNP masuk ke input NPN



Kolektor Transistor Bias langsung masuk ke basis Transistor Driver
Emitor Transistor Bias diberi tegangan (positif : BD140) dan (negatif : BD139), setelah disaring dengan Resistor 330Ω, bila ukuran ini dibesarkan , makan transistor final akan lebih dingin, tapi mungkin akan mengurangi kualitas output audio, sebaliknya bila ukuran Resistor ini dikecilkan, mungkin akan meningkatkan kualitas audio, tapi sayangnya memungkinkan juga Transistor Final akan lebih cepat out.

Basis mendapat umpan tegangan setelah disaring resistor ukuran 5K6, boleh juga bila anda coba ukuran 4K7 atau 6K8. reisitor ini bertugas juga sebagai supply Kolektor Transistor Penguat.

6. Transistor Penguat, disini juga guruKATRO masih menggunakan pasangan DB139 vs BD140, padahal umumnya menggunakan tipe dibawahnya, misalnya D400 vs A684 atau 9012 vs 9013 atau bahkan ada yang menggunakan A1015 vs C1815 atau A733 vs C945 layaknya transistor untuk rangkaian pre-amp nya.


Supply untuk kolektor sudah dibahas pada nomor 5.
Emitor disambung ke saluran speaker setelah resistor FeedBack 1K.
Kedua Resistor Emitor tersebut menggunakan ukuran 330Ω
Basis akan ketemu dengan Emitor Transistor Pre-Amp dan akan dibahas pada nomor 8. nanti.


7. Transistor Pre-Amp, lagi lagi disini guruKATRO masih menggunakan pasangan DB139 vs BD140, padahal umumnya menggunakan tipe cukup jauh dibawahnya, misalnya A1015 vs C1815 atau A733 vs C945, anda mau gunakan yang itu boleh boleh saja.


Karena pada tingkat rangkaian Pre-Amp ini Kolektor yang disupply tegangan, maka harus mengambil tegangan silang dari arah berlawanan, heheh ini yang kadang membuat pusing para perancang layout PCB. 

Supply tegangan untuk Kolektor Transistor Pre-Amp, kedunanya menggunakan saringan resistor ukuran 5K6, anda boleh coba ukuran lain dengan toleransi antara ukuran 330Ω hingga ukuran 10K, silakan amatai sendiri sendiri perbedaanya dan silakan pilih pilihan ukuran resistor dengan hasil kualitas terbaik.

Sekedar masukan barangkali tidak berguna mohon maaf, yang pernah guruKATRO coba, bila ukuran R terlalu besar, tapi diiringi ukuran ELKO penyetabil yang besar juga, maka tidak terasa perbedaannya.

ukuran elko penyetabil disini guruKATRO gunakan ukuran 100µF bila resistor supply kolektor menggunakan ukuran 560Ω kebawah dan gunakan 470µF pada saat resistor supply kolektor gunakan ukuran 1K atau diatasnya.

Monggo anda coba sendiri variasi ukuran R dan C tersebut, semoga bisa menemukan komposisi yang aduhai.

8. Resistor supply Emitor Transistor Pre-Amp yang sekaligus juga sebagai umpan basis transistor penguat yang sudah disebut pada nomor 6. diatas.



Resistor supply Emitor transistor Pre-Amp diambil dari kaki Kolektor pasangannya, setelah disaring dengan resistor ukuran antara 10K hingga 47K, monggo tentukan sendiri ukurannya.


9. Basis Transistor Pre Amp diberi umpan dari GND dengan saringan resistor ukuran antara 10K hingga 47K, silakan tentukan sendiri hingga menemukan ukuran yang paling ideal. (pada contoh guruKATRO menggunakan ukuran 22K).



Input audio diambil dari basis Transistor Pre-Amp dengan saringan capasitor ukuran antara 104 (seratus nano) hingga ukuran 1µF, atau sedikit lagi diatasnya juga boleh.
Untuk mengeliminasi over high-frequency, jumper kaki input ke GND menggunakan capasitor ukuran 102 (satu nano), bila perlu paralel capasitor 102 ini dengan resistor ukuran 100K untuk mengeliminasi over low-frequency.


10. R-C inverting dipasang dari saluran speaker setelah melalui Resistor FeedBack (1K)



Ukuran resistor 10Ω dan ukuran elko 1000µF

sehingga komposisi RF - RI - CI = 1K - 10Ω - 1000µF

untuk hasil yang lebih empuk tak ada salahnya bila anda coba gunakan komposisi

RF - RI - CI = 4K7 - 100Ω - 100µF


Selemat ber eksperimen, semoga sukses selalu
Demikian pembahasan tentang simsixKATRO Mini Amplifier 60 watt yang bisa eleKATRO sampaikan, semoga ada manfaatnya, mohon maaf bila masih banyak kekurangan, bila ada yang masih perlu ditanyakan, silakan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia, saran dan kritik membangun selalu kami nantikan demi kemajuan bersama kita bersama, terima kasih.

Komentar

  1. pake trafo 2A serak,solusi pak. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dicoba yang diatas 2 amper apa belum
      kalau belum ada kemungkinan serak bukan dari trafo nya

      tapi mungkin masih ada yang perlu di benahi kembali dulu

      atau coba urut dari atas yooo

      2 buah R 330 2 wat yang ke emitor dan 2 buah R 330 yang ditengah2 mengapit R 1K diganti dg ukuran 100

      2 buah R 5K6 yang diatas ganti dg 4K7 atau 3K3
      2 buah R 5K6 yang dibawah coba ganti dg ukuran 560

      bila itu sudah diganti masih tetap serak
      mungkin ada transistor yang aus ... kena panas berlebih misanya

      Hapus
  2. Komenya pindah ke sini Pak He he he e...
    Ini suara bass-nya enak Pak panjang Ada gleernya gitu ngk seperti TDA2050 yg jeduk jeduk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa
      oooh gitu yah .... suka dengan yang ini berarti ....

      Hapus
  3. Bunyi serak terus final over panas di 12vdc

    BalasHapus
    Balasan
    1. KALAU TERJADI PANAS KEMUNGKINAN BESAR ADA TR ATAU SUPPLY TR YANG BELUM SEMPURNA [TR SELAIN DRIVER]

      KALAU SERAK DI VOLUME RENDAH
      GANTI R330 YANG DI EMITOR BD139/140 DG UKURAN 100

      KALAU SERAK DI SEMUA LEVEL
      COBA GANTI R 5K6 DIBAWAH DG 1K

      Hapus
  4. Ini pke tegangan simetris, ya, Pak Guru ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar .... simetris

      Hapus
    2. Ok. Terima kasih Pak Guru.
      Semoga sehat selalu.
      Aamiin ..

      O iya, di suply berapa ? 😊.
      Maaf banyak tanya .. 😊

      Hapus
    3. maksimal 32V pada trafonya, tidak boleh lebih

      Hapus
    4. Alhamdulillah suara bagus.
      Pas mau d cb k speaker 8 in malah kesambung k bagian out put speaker yg sedang nyala. Sehingga TFnya jd shot.

      Hapus
    5. Sudah d ganti TF salah sambung lagi.
      Suply yg seharusnya ke emitor d sambung k Base. Sekarang suaranya serak.
      Gak tau dr apanya.
      Sedang kan driver BD140 agak panas sesikit. 😊

      Hapus
    6. cek satu persatu transistornya. kayaknya ada salah satu yang sudah kurang bagus

      Hapus
    7. R Emitor Transistor final 1 ohm/2wat memanas pak guru.
      Td smp keluar asap. Saya ganti. Tp ttp memanas.

      Suply tegangan 12v.

      Hapus
    8. penyakit bukan di R-E tersebut ... tapi di transistor nya

      Hapus
    9. Iya pak guru. TIP 32 kebalik.
      Sy ubah dulu. Semoga gak shot.
      😊😊😊

      Hapus
    10. TR yang R nya panas ... ada kemungkinan short

      Hapus
  5. D Transistor Finalnya ya pak Guru ?
    Atau transistor lainnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di cek saja semua TR/R yang deket dg TR yang kebalik/R yang panas
      #kedepan more be carefully sebelum solder

      Hapus
    2. Iya, pak guru 😊.
      Nanti saya cej lagi. Sekarang lg ada kesibukan .. 😊

      Terima kasih ..

      Hapus
  6. Alhamdulillah sudah bisa normal, Pak Guru, dan masih dalam tegangan 12v ..
    Mau d naikkan takut. 😊😊
    Bas lumayan untuk speaker 6 inc ..
    TIP31 32 masih cepet panas soalnya belum d kasih heatsing 😊
    Terima kasih panduannya ..

    BalasHapus

Posting Komentar