Modif SOCL agar bisa jos di 32VAC | eleKATRO

Modif SOCL agar bisa jos di 32VAC

May 13, 2020

Sudah banyak yang mengakui tentang kehebatan SOCL, dengan bass yang empuk dan membuat jiwa tenteram bila mendengar hasil output audionya.

Hingga saat ini eleKATRO baru memiliki sebuah trafo 10A - 32VAC, beberapa bulan yang lalu pernah mencoba mengaplikasikan SOCL 504, ketika masih menggunakan speaker 12" semua lancar lancar saja dan sesuai harapan serta standarnya. Namun ketika tiba di suatu hari eleKATRO berkesempatan memiliki speaker ukuran 15", dan diaplikasikan ke SOCL tersebut ternyata hasilnya sangat jauh dari harapan. output seperti tidak mampu menghentak membran speaker 15".


BACA JUGA :
PENGUAT TRANSISTOR PNP


Berbagai upaya untuk melakukan penyempurnaan pun selalu gagal total, memang sih ... di forum forum sering dijelaskan bila "JANGAN MIMPI DENGAN 32VAC MAMPU MENGHENTAK SPEAKER 15", dan itu hukumnya general, bukan hanya untuk SOCL.




Bila saja saat itu eleKATRO memiliki trafo dengan sekunder (output) 45VAC, mungkin kesulitan itu tidak akan terjadi, tapi sekali lagi sayangnya hanya punya trafo 10A - 32VAC (aus) ... dan hanya bisa keluar 39VDC

Driver lain pun belum sempat di kuasai skemanya oleh eleKATRO, sehingga saat itu mentok di SOCL itu, hingga datang masanya malam menjelang besok pagi akan dipinjam untuk suatu acara di halaman masjid.

hasil output yang sudah cukup memuaskan saat berada di belakang rumah itu, dengan mengemban rasa penasaran yang terlampau tinggi, malam itu juga perangkat diboyong ke halaman masjid.

Tes ... tes tes ..... teman suruh nungguin .... eleKATRO >>> go ... ke tengah dan ujung halaman .... ckckckck sangat menyakitkan .... suara salon 15" dan 12" didengar dari ujung halaman yang hanya sekitar 20 meter jaraknya, terdengar seperti suara radio dengan power supply 4 baterai AAA ....

menyakitkan ... sangat jauh berbeda bila dibanding tadi ketika masih berada di belakang rumah.

Al hasil otak mesti diputar, karena besok pagi akan dipakai acara ....... ternyata hanya dengan sedikit perubahan akhirnya mampu mengobati rasa sakit hati ini, pulang ambil solder dan timah serta beberapa resistor dan elko. Dengan berbekal mengamati pada skema amplifier lain, akhirnya eleKATRO memparalel 4 komponen yang ada pada SOCL tersebut.

hanya memparalel tanpa melepas komponen yang telah ada karena R yang akan dipasangkan jauh lebih kecil nilai resistansinya, dan kebetulan juga elko jauh lebih besar kapasitasnya bila dibanding dengan yang telah terpasang disana, mau amati ????

Lima langkah instan yang eleKATRO lakukan saat itu demi agar SOCL bisa nendang speaker 15" walau hanya dengan 32VAC






  1. Resistor Feed Back  (nomor 1 angka warna merah) kalau gak salah asalnya 27K, ganti dengan ukuran 1K .... hussss....  sangat jauh perbedaannya dan akan berakibat suara menjadi sangat jernih sekaligus sangat lemah, jangan khawatir, masih ada solusi untuk mengambalikan volume suara, yaitu dengan cara :
  2. Resistor Inverting (nomor 2 angka warna merah), ukuran aslinya 560, ganti dengan ukuran 10 .... husss ... sangat jauh lagi perbedaannya, tapi tenang ... itu bisa menjadikan suara menjadi keras kembali, bahkan lebih keras dari aslinya, tapi kok terasa miskin bass, jangan khawatir lagi, masih ada jalan menuju ROMA (tanpa irama), yaitu dengan cara :
  3. Elko Inverting (nomor 3 angka warna merah), asalnya demi mengurangi bass SOCL menggunakan elko 22uF, karena sekarang miskin bass, maka diganti dengan ukuran 1000uF atau 2200uF, lho .... setelah diganti dengan 2200uF kok bas masih saja terasa kurang tebal, karena itu mari kita tebalkan dengan mengganti :
  4. Capasitor input audio (nomor 4 angka berwarna merah), asalnya masih demi megurangi overbass pada SOCL, dia menggunakan capasitor ukuran 223 (22 nF), sekarang dengan penuh percaya diri ganti itu capasitor 223 dengan elko 1uF
  5. Selesai sudah ... dan cek dengar kembali sambil jalan jalan mengitari halaman masjid yang luasnya di plus halaman Madrasah Diniyah itu.


Hasilnya tidak terlalu mengecewakan, dan besok pasti tidak akan memalukan. Suara terdengar dengan kualitas bass lumayan dan nyaring (nyaring = pengaruh control audio ala guruKATRO). Memang benar esok harinya usai acara banyak yang komen darat katanya salon sejumlah itu dan sekecil itu tapi kok suaranya lumayan banggget gituh (banggaaaaa.... )

Ada yang mau coba ??? silakan saja, bila memuaskan "TERUSKAN", dan bila mengecewakan "KEMBALIKAN KOMPONEN SEPERTI SEMULA"

13 Komentar
  1. Pengaruh sama dco'nya ngga ter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya tidak
      tapi kalau terjadi ... maka tinggal setel ulang trimpot, hingga DCO nya kembali lagi

      Delete
  2. Berarti semuanya di pararel pak guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang saya laukan saat itu ke 4 nya hanya di paralel ... tanpa harus lepas komponen yang telah ada

      tapi bila demi kerapian .... silakan di replace saja

      Delete
  3. sudah saya coba dan hasil nya nada bass vs terdengar lebih jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan dengan tegangan 32VAC pun masih lumayan

      Delete
  4. Apakah cara ini bisa untuk socl 506

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja
      asal bisa menemukan :
      RF
      Ri
      Ci

      Delete
  5. Apakah cara ini bisa diterapkan disocl 506,atau beda lgi caranya....

    ReplyDelete
  6. saya coba-coba di power ocl 150 dan ocl 140 socl 502,504,506 ..berhasil semua dan jangan lupa jgn sambung speaker dulu ke drivernya sblm dco jg bias di cek...trims ilmunya pak guru semoga sehat dan sukses selalu...Aamiin

    ReplyDelete
  7. driver ocl 140,150,socl 502,503,504,506 sudah saya coba mantap hasilnya walau 10A 32Vac
    nb:cek dco dan bias sblm sambung ke tr final dan speaker ya
    Trims pak guru..moga sehat dan sukses selalu...Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantafffff

      iya jangan lupa disetiap selesai eksperimen/ modif nilai komponen sekecil apapun, dahuluilah cek bias/DCO sebelum memutuskan pasang ke speaker

      aamiin

      Delete